Peran Guru dalam Sekolah Edukasi Kesehatan

          Dear, sudah cukup lama nih admin gak posting. Oke deh, kali ini sedikit Admin ulas tentang peran guru dalam kegiatan Sekolah Edukasi Kesehatan yang disenggarakan oleh relawan sahabat sehat. Dalam profil pada postikngan yang dulu pernah admin sampaikan tentang Prinsip Dasar “Siap Belajar”, dimana Bersikap terbuka dan saling belajar, baik sekolah, pegiat/relawan, dan semua pihak yang terlibat. Relawan terbuka untuk belajar khususnya bagaimana menyampaikan materi di depan kelas, sekolah juga terbuka dengan masukan dari relawan ataupun sebaliknya khususnya hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan kegiatan ini.

     Nah, pada penyelenggaraan Sekolah Edukasi Kesehatan di SDN Karangmulyo, Kotagede, Yogyakarta yang diselenggarakan pada Kamis, 9 Maret 2017 kemaren, banyak sekali pelajaran yang bisa diambil. Peran tim EO sebagai penyelenggara senantiasa bersikap dan bertindakl sebagai layaknya penyelenggara Event dalam suatu agenda. Begitupun Tim Pendidik dengan antusias memberikan materinya tentang kesehatan terhadap siswa – siswi Sekolah Dasar. Peranan yang lain adalah guru kelas yang juga aktif memberikan arahan dan masukan terhadap Siswa maupun Relawan demi suksesnya penyelenggaraan kegiatan. 

      Peran guru sangat dibutuhkan utamanya untuk ikut mengatur siswa ketika baris dalam agenda opening dan closing. Selain itu peran guru juga sangat dibutuhkan ketika pelaksanaan pendidikan kesehatan di dalam kelas. Dimana guru kelas diharuskan untuk ikut aktif dalam mengoptimalkan suasana kelas agar suasana menjadi kondusif.


      Kepolosan siswa sekolah dasar memang menjadi tantangan tersendiri bagi relawan. Ada beragam karakteristik siswa yang berbeda-beda, baik secara individual maupun karakter yang ada di dalam lingkup kelas. Setiap kelas punya ciri khas unik dan harus ditangani secara professional.

Tetap semangat
Tim Relawan Sahabat Sehat
Ciptakan Hari Luar biasamu di Sini

Salam Admin