Fasilitator

          Untuk kali ini kita akan mencoba untuk berkenalan dengan salah satu bagian dari tim EO. Ketika melihat gambar disamping pastinya kita bertanya – Tanya; Siapa sih dia? Kok nggak bawa kamera? Tapi kok juga nggak ngajar seperti yang lainnya?. Nah pastinya kalian bertanya – Tanya kan.

         Dalam tim EO, ada salah satu tim urgent nih, yang kerjaannya jarang terekspos oleh sorotan kamera. Kenapa demikian???. Oke, langsung saja Admin jelaskan. Dalam pelaksanaan kegiatan Sekolah Edukasi Kesehatan selalu diawali oleh keberadaan satu tim ini, dimana merekalah yang mulai mengatur strategi, mencari sasaran lokasi kegiatan, melakukan negosiasi, bahkan lobi ke beberapa pimpinan instansi demi terwujudnya kegiatan sekolah edukasi kesehatan.

          Tidak hanya berhenti di situ, tim ini kemudian melakukan koordinasi bersama dengan tim lain untuk mulai menggagas pelaksanaan kegiatan. Mulai dari kesiapan tim, mencari relawan pengganti, menggali tema yang kemudian diserahkan kepada pihak pendidik, dan diinformasikan kepada pihak instansi yang menjadi sasaran pelaksanaan kegiatan. Jika persiapan sudah matang, maka tim ini selanjutnya akan membuat schedule terkait pembagian waktu Opening, Pendidikan kesehatan, istirahat, closing, serta evaluasi bersama pengelola instansi/sekolah terkait.

          Keberadaan tim ini menjadi sangat berarti sebagai salah satu ujung tombak dalam setiap kegiatan komunitas. Mengatur jadwal pendidik merupakan salah satunya. Dimana tim ini harus mampu menyesuaikan tema sesuai dengan kemampuan tim pendidik serta dikaitkan dengan kebutuhan kelas yang menjadi target pelaksanaan. Nah, menantang bukan??


          Itu tim apa sih min?? dari tadi kok dirahasiakan terus. Oke, setelah kita membahas tugas dan kinerja tim ini, berikut ini admin kenalin sama salah satu anggotanya yaitu Ibu Nurul Husna. Beliau termasuk orang yang turut merintis berdirinya komunitas Sahabat Sehat dengan berbagai ide dan gagasannya. Bahkan rela melakukan survey hingga daerah pelosok sekalipun demi mendapatkan target lokasi kegiatan komunitas. Untuk nama tim ini adalah tim fasilitator, diamana dalam setiap event kegiatan setidaknya ada 1 orang yang berada di posisi ini. Ada yang ketinggalan  nih, tim fasilitator ini juga yang bertanggung jawab untuk pelaksanaan briefing dan evaluasi.
          Sementara itu dulu yah yang bisa admin bagikan. Untuk tahu lebih lanjutnya bisa langsung cek IG nya deh akun Facebooknya atau langsung aja klik IG @nurulhariady

Salam. Admin.